1. Populasi Penelitian
Menurut Sukardi (2014 : 53) bahwa populasi adalah semua kelompok anggota manusia, binatang, peristiwa atau benda yang tinggal bersama dalam satu tempat dan secara terencana menjadi target kesimpulan dari hasil akhir suatu penelitian.
Yang menjadi populasi dalam penelitian yaitu guru dan siswa Sekolah Dasar Negeri 3 sungai Tiung Kecamatan Cempka Kota Banjarbaru. Guru yang berjumlah 10 orang (tidak termasuk kepala sekolah, penjaga TU dan penjaga perpustakaan) dan siswa berjumlah 119 orang tahun ajaran 2017/2018.
2. Sampel Penelitian
Menurut Arikunto (2013 : 131) bahwa sampel adalah sebagian atau wakil dari populasi yang diteliti.
Yang menjadi sampel dalam penelitian yaitu guru dan siswa di Sekolah Dasar Negeri Sungai Landas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Guru yang berjumlah 10 orang (tidak termasuk kepala sekolah, penjaga TU, dan penjaga perpus) dan siswa yang mewakili kelas I, II, III, IV, V, VI berjumlah 57 orang. Dalam penelitian ini, teknik penarikan sampel dengan proportional sampling . Alasan menggunakan proportional sampling dikarenakan ingin mengetahui cara guru dalam mengelola kelas agar pembelajaran berjalan secara aktif.